Our Feeds
Internasional

Tuesday, January 10, 2017

Tony

Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian di Ukraina

 

Indonesia kembali turut menggemakan perdamaian di Ukraina melalui Peringatan Hari Perdamaian Dunia yang dilakukan sekaligus dalam rangka memperingati 6 tahun pemasangan Gong Perdamaian Dunia (GPD) asal Indonesia di Park Mira (Taman Perdamaian) kota Kremenchuk, provinsi Poltava, 21 September 2016. Delegasi KBRI dipimpin oleh Kuasa Usaha a.i. KBRI Kyiv, Yusran Hadromi, didampingi oleh Norwin Anwar, Counsellor Fungsi Pensosbud, serta  5 orang mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Kyiv National University of Taras Shevchenko yang dikawal oleh Ima Normalia Kusmayanti, M.A., dosen BIPA bantuan dari Universitas Telkom Bandung, turut meramaikan rangkaian kegiatan perdamaian di kota Kremenchuk, Ukraina yang tergarap atas kerjasama Pemda Kremenchuk dan KBRI Kyiv.

Di kantor Walikota, pagi hari pukul 09.00, delegasi KBRI disambut oleh Walikota, Mr. Vitaliy Maletskiy dan selama 40 menit melakukan pertemuan dengan Walikota yang didampingi oleh para pejabat Pemda Kremenchuk, antara lain Wakil 1 Walikota, Mr. Volodymyr Pelipenko, Wakil 2 Walikota, Mr. Ruslan Protsenko, Wakil 3 Walikota, Mrs. Olga Ushanova, Kepala Komisi Pendidikan DPRD Kremenchuk, Mr. Gennadiy Moskalik, dan Direktur Kremenchuk Invest, Mr. Andriy Melnyk. Dalam pertemuan ini, Yusran Hadromi  atas nama KBRI menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Mr. Vitaliy Maletskiy sebagai Walikota Kremenchuk; menyampaikan terima kasih atas hubungan kerjasama dan persahabatan yang telah terjalin selama 15 tahun dan berharap kerjasama yang baik dapat terus berlanjut. Selanjutnya, KUAI RI menyampaikan juga rasa optimisnya terkait kerjasama ekonomi berkat kunjungan Presiden Ukraina Petro Poroshenko ke Indonesia awal Agustus 2016 lalu dan pemberian bebas visa kunjungan ke Indonesia dari pemerintah Indonesia. Sementara itu, Walikota menyampaikan terima kasihnya atas upaya-upaya yang telah dilakukan oleh KBRI dalam mendekatkan hubungan antara pemda dan rakyat Kremenchuk dengan Indonesia. Pertemuan diakhiri dengan pertukaran cendera mata dan foto bersama.

Upacara Peringatan 6 Tahun Pemasangan GPD asal Indonesia sekaligus Peringatan Hari Perdamaian Dunia berlangsung pada pukul 10.00 di Park Mira, rayon Avtozavodskiy, di mana GPD dipasang, diawali dengan parade perdamaian oleh masyarakat dan pelajar dari berbagai sekolah. Upacara dihadiri oleh delegasi KBRI, jajaran pejabat Pemda Kremenchuk, kaum veteran PD II dan sekitar 800 warga dan kalangan pelajar. Dalam pidatonya, KUAI RI, atas nama pemerintah RI menyampaikan terima kasih kepada pemda dan warga Kremenchuk atas hubungan persahabatan yang sudah lama terjalin dan mengharapkan agar GPD asal Indonesia dapat membawa kebahagiaan dan perdamaian bagi Ukraina, khususnya bagi masyarakat Kremenchuk. Sementara itu, Walikota Kremenchuk, Vitaliy Maletskiy dalam pidatonya menekankan pentingnya arti perdamaian saat ini khususnya bagi Ukraina yang saat ini sedang dilanda konflik bersenjata, serta menggariskan perlunya  belajar toleransi dari Indonesia.

Presentasi tentang Indonesia berlangsung pada pukul 14.00 bertempat di sekolah Litsey No. 4, dihadiri oleh 80 pelajar utusan dari berbagai sekolah di Kremenchuk dengan acara berupa penyerahan piagam penghargaan dari KBRI kepada pihak-pihak yang selama ini telah aktif meningkatkan hubungan kerjasama budaya dan pendidikan; presentasi sekilas tentang Indonesia; presentasi tentang program Darmasiswa oleh para mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nasional Kyiv Taras Shevchenko para mantan peserta program Darmasiswa RI; quiz berhadiah tentang Indonesia dan diakhiri dengan pembagian kaos berlogo Indonesia kepada para peserta presentasi dan foto bersama.

Di awal kegiatan presentasi tersebut, KUAI RI menyampaikan piagam penghargaan KBRI kepada 6 (enam ) orang yang selama ini telah aktif bekerjasama dengan KBRI dalam menyebarkan tradisi dan budaya Indonesia dan atas keaktifannya meningkatkan hubungan kerjasama pendidikan antara Kremenchuk dengan KBRI, antara lain kepada Mr. Vitaliy Dobrunov/Direktur Taman Budaya "Park Mira" di mana GPD dipasang; Mr. Igor Protsko/Kepala Dept. Komisi Pendidikan DPRD Kremenchuk; Mrs. Lyubov Mikhailik/Direktur Litsey No.4, Mr. Sergiy Pavlenko/Guru,Kepala Pusat Diplomasi Anak-Anak Sekolah No. 26, Mrs. Tetyana Protsko/Guru,Kepala Pusat Diplomasi Anak-Anak Sekolah No. 4, Mrs. Tetyana Ostrovska/Guru, Kepala Pusat Diplomasi Diplomasi Anak-Anak Sekolah No. 20. (sumber)

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »